Search

Digital Marketing: Pengertian dan Contoh

Updated: Mar 10

Cari tahu lebih lanjut tentang digital marketing di artikel ini!


Apa nih:

1. Apa itu Digital Marketing

2. Digital Marketing - Social Media

3. Digital Marketing - Search Engine Optimization (SEO)


Apa itu Digital Marketing


Menurut kamu, coba tebak digital marketing itu apa?


Secara sederhana, digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital yang ada digenggaman kita. Sebagai contoh, smartphone, komputer, atau laptop kamu yang tersambung dengan Internet.


Menurut kamu, kenapa banyak orang sedang mempelajari digital marketing?


Menurut Google (2021), Pengguna Internet di seluruh wilayah Indonesia mencapai 21 juta orang.


Para praktisi pemasaran menggunakan kesempatan ini untuk menjangkau para calon konsumen lewat Internet. Mereka mengakses situs seperti Google, Facebook, dan banyak lagi.


Bidang digital marketing juga luas, tidak hanya berada dalam ranah situs pencarian. Namun, berada dalam ranah social media, dan masih banyak lagi!


Yuk, baca selengkapnya di bawah!


Digital Marketing - Social Media



Siapa sih yang engga pernah buka social media zaman sekarang? Tau gak kalau Facebook, Instagram, dan lainnya dimanfaatkan para praktisi untuk meyakinkan kamu? Social media itu termasuk dari bagian digital marketing.


Mereka pengen kamu beli produk atau jasa secara langsung atau gak langsung pas kamu lihat konten.


Sebagai contoh, saat kamu buka page McDonald di Instagram. McDonald membuat konten untuk menarik konsumen membeli produk lewat meme versi mereka. Sadar gak? Hal ini disebut sebagai organic content.


McDonald Menciptakan Organic Content untuk Menarik Audiens

Sumber: Halaman McDonald di Instagram


Tentu masih banyak lagi di luar sana yang memanfaatkan berbagai taktik untuk menarik kamu.


Kamu juga bisa mempelajari social media dan digital marketing di Algorizmi.

Belajar social media dan digital marketing di sini.


Digital Marketing - Search Engine Optimization (SEO)



Saat kamu membuka situs pencarian seperti Google, Firefox, atau yang mirip, mereka disebut search engine.


Saat mengakses, kamu pasti mencari sesuatu lewat kata, kalimat atau gambar. Saat klik enter, kamu menemukan berbagai hasil di pencarian. Nah inilah yang disebut search engine result.


Biasanya, kamu akan menemukan konten yang beriklan atau yang biasa disebut "Ad content" dan konten yang tidak berbayar atau yang sering disebut organic content.


Hasil Situs Pencarian

Sumber: Google


Dua tipe konten ini adalah tugas para praktisi untuk meyankinkan kamu saat membaca bahwa kamu tertarik pada website mereka. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di website mereka, berarti mereka berhasil.


Hal di atas disebut "search engine optimization". Mereka mencoba melakukan optimasi untuk membuat kamu betah berada di website mereka.


Mereka melakukan analisis website, backlink, ranking, multimedia, content optimization dan masih banyak faktor lainnya. Praktisi menciptakan website agar terlihat nyaman, cepat, dan enak dibaca secara terus menerus sehingga kamu ingin kembali ke website mereka.


Kamu juga bisa mempelajari search engine optimization dan digital marketing di Algorizmi.

Belajar search engine optimization dan digital marketing di sini.