Search

DevOps: Pengertian, Kegiatan, dan Manfaat

Updated: Mar 1




Cari tahu:

1. Apa itu DevOps?

2. Kegiatan dari DevOps

3. Manfaat dari DevOps



Apa itu DevOps?


Arti dari DevOps masih membingungkan dan susah dimengerti, jadi apasih itu DevOps?


DevOps berasal dari kata Development dan Operations. DevOps adalah gabungan antara budaya, praktik, dan alat yang meningkatkan kemampuan organisasi untuk membuat, membangun, dan deliver aplikasi dengan lebih cepat.


Kenapa DevOps dibutuhkan oleh suatu organisasi?



Secara tradisional, tim Development dan Operations terpisah masing-masing dan terhalang karena memiliki tujuan yang berbeda.


Hal tersebut mengurangi efektivitas perusahaan untuk mengambil keputusan serta menghabiskan waktu untuk berkembang.


Dengan DevOps, penghalang tersebut dapat hilang antara tim yang terpisah, dimana tim Development dan Operasional berkolaborasi dari tahap siklus hidup perangkat lunak dari awal sampai akhir dalam DevOps dengan mencapai tujuan yang diinginkan.


Kecepatan dari DevOps ini memungkinkan organisasi untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik dan dapat bersaing dengan kompetitor dengan cepat.


Tapi apa aja sih praktik yang dilakuin sama manfaat dari DevOps ?


Yuk, cari tau selengkapnya dibawah ini!


Kegiatan dari DevOps


Continuous Integration (CI)


Praktik ini adalah cara developer menggabungkan perubahan kode mereka ke dalam suatu repositori sentral secara teratur yang diikuti dengan build dan pengujian otomatis.


Tujuannya adalah untuk menemukan dan memperbaiki bug lebih cepat, meningkatkan kualitas, dan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk memvalidasi dan merilis software update.


Continuous Delivery (CD)


Praktik ini adalah perubahan kode secara otomatis untuk dibuat, diuji, dan siap untuk dirilis.


CD adalah lanjutan dari tahap CI dengan menerapkan semua perubahan kode setelah tahap build ke lingkungan pengujian atau produksi.


Microservices


Arsitektur microservices adalah praktik arsitektur software yang terdiri dari membangun aplikasi tunggal sebagai kumpulan layanan kecil.


Layanan-layanan kecil ini saling berinteraksi dengan layanan lainnya yang menghasilkan aplikasi tunggal tersebut.


Microservices digunakan oleh organisasi untuk membuat aplikasi mereka lebih fleksibel dan memungkinkan inovasi yang lebih cepat. Setiap layanan memiliki tim kecil yang mengambil alih layanan tersebut secara gesit.


Monitoring and Logging


Tim DevOps dapat lebih memahami bagaimana update memengaruhi pengguna dengan melihat dan menganalisis log yang dihasilkan oleh aplikasi.


Log tersebut memiliki detil mengapa aplikasi tersebut error atau berhasil.


Manfaat dari DevOps


Kecepatan


DevOps dapat memberi kelebihan untuk berinovasi cepat, beradaptasi lebih baik dengan perubahan pasar, dan menjadi lebih efisien untuk proses organisasi.


Delivery cepat


Sebuah organisasi dapat sering mengeluarkan rilis suatu update. Organisasi dapat meningkatkan produk lebih cepat dan mendapatkan keunggulan kompetitif.


Kolaborasi telah meningkat


Tim Development dan Operations menjadi lebih erat dan tidak terhalang dengan tujuan berbeda dengan alur kerja yang digabung. Hal ini mengurangi inefisiensi dan menghemat waktu.


Jika kamu tertarik untuk mendalami DevOps, Algorizmi Academy akan menyediakan kelas untuk mendalami DevOps!


Yuk, jangan lupa follow instagram @algorizmi.id untuk melihat update dari kita!