Search

Benefit Kerja di Startup VS Perusahaan Besar

Updated: Feb 4

Kerja di startup atau perusahaan besar memiliki daya tarik tersendiri bagi para talenta digital. Kawan Algorizmi perlu lebih cermat dalam mempelajari keuntungan bekerja di startup dan perusahaan besar agar sesuai dengan kemampuan dan passion kawan Algorizmi.



Memilih tempat bekerja merupakan hal yang krusial karena akan berhubungan dengan kemajuan karir di masa depan. Berdasarkan Harvard Business School berikut ini perbedaan antara bekerja di startup dan perusahaan besar (mature).



Bekerja di Startup

Startup dapat menawarkan kesempatan untuk mengekplorasi banyak hal yang bisa menjadi pengalaman baik atau juga bisa menjadi pengalaman buruk tergantung pada minat dari kawan Algorizmi. Ukuran organisasi startup yang lebih kecil dibandingkan perusahaan besar membuat kawan Algorizmi melakukan banyak hal sendiri, hal ini juga disebabkan karena startup memiliki anggaran atau resource yang terbatas. Namun, bekerja di startup dapat membantu kawan algorizmi untuk berkembang dalam meningkatkan berbagai macam skill karena tidak dibatasi oleh satu bidang pekerjaan saja dan bisa memiliki kesempatan bekerja bersama dengan founders startup.



Bekerja di Perusahaan Besar

Bekerja di perusahaan yang besar (mature) mungkin kawan Algorizmi akan memiliki lebih banyak role model untuk dijadikan panutan, tim yang lebih kuat untuk berkolaborasi, dan arah perusahaan yang jelas. Ruang lingkup pekerjaan atau role yang kawan Algorizmi peroleh juga mungkin memiliki cakupan yang kecil, tetapi dapat menawarkan pengalaman belajar yang lebih dan benefit yang besar seperti kompensasi, bonus, fasilitas dan sejenisnya. Kawan Algorizmi juga bisa menjadikan pengalaman kerja di perusahaan sebagai exposure yang bagus untuk dicantumkan di CV.