Search

Inilah 5 Pekerjaan Yang Paling Banyak Dicari

Updated: Feb 22

Wabah pandemi Covid-19 dan resesi global pada tahun 2020 telah menciptakan ketidakpastian yang tinggi untuk pasar tenaga kerja. Secara tidak langsung, fenomena tersebut juga mempercepat kehadiran landscape baru terkait pekerjaan di masa depan.



Permintaan (demand) oleh berbagai industri terhadap berbagai jenis keahlian yang berkaitan dengan teknologi kian meningkat. Di satu sisi, sumber daya manusia juga dituntut untuk cepat dalam beradaptasi memenuhi kebutuhan industri.


World Economic Forum (WEF) melalui Future of Jobs 2020 Report mengeluarkan sebuah laporan mengenai gambaran pekerjaan di masa depan. Pada tahun 2025 nanti, WEF memprediksikan terdapat 85 juta jenis pekerjaan yang mungkin akan tergeser atau tergantikan dikarenakan perubahan pembagian dan fungsi kerja antara manusia dan mesin. Sementara itu, 97 juta jenis pekerjaan baru diperkirakan muncul dengan pembagian kerja baru antara manusia, mesin, dan algoritma di sekitar 15 industri masa depan.


Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan berulang dan dapat digantikan oleh mesin, lima tahun kedepan akan segera punah. Pekerjaan tersebut seperti entry data, admin atau sekretaris manajemen, akunting dan payroll, dan beberapa jenis pekerjaan lainnya.



20 pekerjaan teratas dengan permintaan meningkat dan menurun di seluruh industri

Source: Future of Jobs Survey 2020, World Economic Forum.


Dari 20 pekerjaan teratas yang diprediksikan paling dicari pada tahun 2025, Algorizmi mengulas lima profesi yang paling menarik sebagai berikut:


Data Scientist - Data Analyst

Data scientist merupakan profesi dimana seseorang diharapkan mampu memprediksi masa depan berdasarkan pola atau tren masa lalu melalui instrumen data yang telah melewati tahap operasionalisasi dan validasi data. Profesi ini juga bertugas untuk menganalisis dan mengolah database perusahaan untuk meningkatkan pengembangan produk, strategi marketing, hingga strategi bisnis perusahaan. Insight yang dihasilkan akan digunakan perusahaan untuk menentukan arah strategi jangka menengah maupun jangka panjang perusahaan.


Adapun data analyst merupakan profesi dimana seseorang yang hanya mengumpulkan insight atau informasi yang berguna bagi perusahaan melalui data-data yang telah tersedia. Profesi tersebut juga bertugas untuk menerjemahkan angka-angka yang berasal dari sejumlah laporan untuk menghasilkan insight yang dapat dimengerti oleh manajemen atau perusahaan. Seperti data penjualan, riset pasar, logistik, dan lain sebagainya.


AI - Machine Learning Specialist

Artificial Intelligence (AI) specialist merupakan seseorang yang ahli dalam pemrograman komputer yang memiliki tugas utama memvalidasi hipotesis bisnis yang telah disusun melalui simulasi kognitif yang menguji cara kerja pikiran manusia. Untuk dapat menjadi AI specialist, dibutuhkan penguasaan dalam banyak bahasa pemrograman.


Teknologi machine learning merupakan mesin yang dikembangkan untuk dapat belajar dan memahami suatu algoritma secara otomatis tanpa arahan dari user. Dibutuhkan orang dengan spesialisasi di bidang perangkat lunak dengan latar belakang matematika yang kuat serta pengetahuan tentang coding untuk dapat dikatakan sebagai machine learning specialist. Beberapa bidang yang juga termasuk ke dalam AI dan machine learning specialist adalah software developer,system engineer, system analyst, dan lain sebagainya.


Digital Marketing Specialist

Dalam upaya meningkatkan penjualan di era digital, merupakan hal wajib bagi seluruh perusahaan untuk memiliki seorang digital marketing specialist yang bertugas untuk melakukan promosi merek atau produk perusahaan untuk dihubungkan dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. Seperti iklan berbasis email/web, SEO, media sosial, serta saluran multimedia lainnya.


Selain itu, digital marketing specialist bertanggung jawab untuk memastikan bahwa situs web perusahaan mudah ditemukan oleh target audiens, dengan memaksimalkan struktur dan konten situs web untuk mesin pencarian seperti SEO dan SEM.


Digital Transformation Specialist

Seorang digital transformation specialist perlu memiliki pemahaman yang jelas dan mendalam terkait transformasi digital dari perspektif bisnis dan teknis. Ia akan bertanggung jawab untuk membuat serta memberikan produk dan layanan yang mengarah kepada transformasi bisnis perusahaan di era digital. Selain itu, profesi ini juga perlu memberikan materi pendidikan dan pelatihan bagi para user perusahaan, merancang rencana proyek, mempersiapkan alat manajemen, hingga menyusun laporan evaluasi kinerja dan kualitas proses transformasi digital yang diterapkan pada suatu perusahaan.


Project Manager

Project Manager atau manajer proyek bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengawasi proyek untuk memastikan proyek tersebut dapat diselesaikan dalam waktu dan anggaran yang telah ditentukan. Selain itu, manajer proyek juga harus dapat merencanakan dan menetapkan sumber daya proyek, menyiapkan anggaran, memantau kemajuan kinerja proyek, dan selalu memberikan update informasi kepada para stakeholder terkait.


Algorizmi Academy sebagai salah satu akademi talenta digital menyadari pentingnya berbagai profesi di atas untuk dimiliki oleh para talenta-talenta muda saat ini. Hadirnya Algorizmi juga dalam rangka memperkuat ekosistem talenta digital di Indonesia dengan menghadirkan berbagai pelatihan dan bootcamp dengan materi-materi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini dan di masa depan.