Search

3 Tanggung Jawab Product Manager

Updated: Mar 5


Source: Florencia Ferreyra (2021)


Cari tahu:

  1. Apa itu Product Manager?

  2. Riset Pasar

  3. Riset Kebutuhan Pengguna

  4. Mengumpulkan Data

Apa itu Product Manager?


Seorang product manager mempunyai tanggung jawab terhadap produk yang dikelolanya. Hal ini engga terbatas terhadap produk konvensional, tapi produk digital. Contohnya nih, menambah fitur produk aplikasi adalah tanggung jawab product manager. Namun, engga terbatas dengan ini aja ya tanggung jawabnya.


Mereka berada dalam posisi pengurusan bisnis, UX, dan teknologi. Sebagai tim, PM bekerja sama dengan berbagai divisi, yakni UI/UX Designer, Engineer, dan stakeholder lainnya.


Ketahui lebih lanjut tanggung jawab product manager di bawah yuk!


Riset Pasar


Dalam konteks bisnis, seorang PM melakukan riset pasar untuk mengetahui pengguna apa yang cocok untuk memakai aplikasinya. PM memanfaatkan kerangka berpikir, seperti menciptakan persona, segmentasi pasar, dan mencari kesamaan karakteristik.


Setelah menggunakan berbagai kerangka berpikir, PM memasarkan aplikasinya ke calon-calon pengguna baru. Tentunya, tim pemasaran dan pemasaran digital akan membantu PM untuk melaksanakan pemasarannya.


Seru bukan? tanggung jawab product manager masih banyak lagi loh yang seru.

Ikutin kelasnya di Algorizmi yuk!


Riset Kebutuhan Pengguna


Dalam konteks teknologi, product manager melakukan riset terhadap penggunanya agar aplikasi yang digunakan berjalan mulus. Hal ini merupakan tanggung jawab product manager yang utama. PM menggunakan berbagai teknis riset dan komponen yang wajib adalah:

  • Riset kuantitatif

  • Riset kualitatif

Kedua riset ini membantu PM untuk membuat konklusi yang objektif agar kebutuhan user terpenuhi. Contohnya nih, di aplikasi pesen makanan online, PM ingin tahu fitur apa yang harus ditambah ketika user sudah melakukan pesanananya. Setelah melakukan riset, PM menemukan bahwa user ingin tracking posisi seorang driver-nya. Oleh karena itu, PM mengusulkan untuk menambah fitur tracking di aplikasinya ke tim. Ini menjadi salah satu tanggung jawab Product Manager.


Ketahui lebih dalam tentang Product Manager di Algorizmi.


Mengumpulkan Data


Seperti yang di bahas di atas, saat proses riset, pengumpulan data digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Contohnya, PM menggunakan data ini untuk dianalisis bersama tim untuk keputusan perubahan terhadap aplikasi. Data ini kemudian dirapihkan untuk dilaporkan kepada stakeholder lainnya. Hal ini untuk membuat keputusan bahwa produk harus diubah, diperbaiki, dan ditambah fiturnya agar menarik banyak calon pengguna. Tentunya, laporan ini harus relevan dengan tujuan utama dan riset yang telah disepakati tim.


Hal pelaporan menjadi tanggung jawab product manager sehari-hari. Namun, bukan berarti gak asik ya. Dengan hal ini, kamu akan melakukan perubahan besar terhadap aplikasi yang kamu kelola.


Berkarir sebagai Product Manager di Algorizmi.